HOME

Alamat Praktek

PENCARIAN TERAPI "ACCURATE" HEALTH CENTER

Memuat...

07 Mei 2013

Penyembuhan Penyakit Mental Sedih & Murung Berkepanjangan (Major Depressive Disorder)

Penyakit mental ini dikenal apabila penderita memiliki kecenderungan sedih dan murung yang berlebihan. Penyakit ini bernama Major Depressive Disorder.

Gangguan depresi mayor di diagnosis berdasarkan pada munculnya satu atau lebih episode depresi mayor tanpa adanya riwayat episode manic (berhubungan dengan maniak, seperti dalam fase manic dari gangguan bipolar) atau hypomanic (mengacu pada keadaan maniak yang lebih ringan atau kegirangan). Dalam episode depresi mayor, orang tersebut mengalami salah satu di antara mood depresi (merasa sedih, putus asa, atau terpuruk) atau kehilangan minat/rasa senang dalam semua atau berbagai aktivitas untuk periode waktu paling sedikit 2 minggu.
Orang dengan gangguan depresi mayor juga memiliki selera makan yang buruk, kehilangan atau bertambah berat badan secara mencolok, memiliki masalah tidur atau tidur terlalu banyak, dan menjadi gelisah secara fisik, atau yang pada situasi ekstrem lainnya menunjukkan melambatnya aktivitas motorik mereka. Orang dengan depresi mayor dapat kehilangan minat pada hampir semua aktivitas rutin dan kegiatan senggang mereka, memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi dan membuat keputusan, memiliki pikiran yang menekan akan kematian, dan mencoba bunuh diri.
Gangguan depresi mayor adalah tipe paling umum dari gangguan mood yang dapat di diagnosis, dengan perkiraan prevalensi semasa hidup berkisar antara 10% hingga 25% untuk wanita dan 5% hingga 12% untuk pria. Depresi mayor, khususnya pada episode yang lebih berat atau parah, dapat disertai dengan cirri psikosis, seperti delusi bahwa tubuhnya digerogoti penyakit. Orang dengan depresi berat juga dapat mengalami halusinasi, seperti “mendengar” suara-suara orang lain, atau iblis, yang mengutuk mereka atas kesalahan yang dipersepsikan.
Episode-episode depresi mayor dapat berlangsung dalam jangka bulanan atau satu tahun atau bahkan lebih. Rata-rata orang dengan depresi mayor dapat diperkirakan mengalami empat episode selama hidupnya. Orang yang terus memiliki simptom-simptom yang terus bertahan, banyak ahli memandang depresi mayor sebagai suatu gangguan kronis, bahkan sepanjang hidup. Dari sisi positifnya, semakin panjang periode kesembuhan depresi mayor, semakin rendah risiko untuk kambuh di kemudian hari.  Ciri-ciri Depresi Mayor.
Suatu episode depresi mayor ditandai dengan munculnya lima atau lebih ciri-ciri atau simptom-simptom selama suatu periode 2 minggu, yang mencerminkan suatu perubahan dari fungsi sebelumnya. Paling tidak satu dari ciri-ciri tersebut harus melibatkan (1) mood yang depresi, atau (2) kehilangan minat atau kesenangan dalam beraktivitas. Selain itu, penegakkan diagnosis memerlukan hadirnya empat simptom tambahan, seperti gangguan tidur atau nafsu makan, kehilangan energi, perasaan tidak berarti, pikiran untuk bunuh diri, dan sulit berkonsentrasi.
Para individu yang mengalami kurang dari lima simptom, yaitu yang mengalami apa yang disebut depresi subklinis, juga mengalami kesulitan dalam keberfungsian psikososial sama besar dengan para individu yang memenuhi persyaratan formal bagi diagnosis depresi. Simptom-simptom tersebut harus menyebabkan baik tingkat distress yang signifikan secara klinis ataupun paling tidak dalam satu area penting dari fungsi, seperti fungsi sosial atau pekerjaan, dan harus bukan merupakan akibat langsung dari penggunaan obat-obatan atau medikasi, dari suatu kondisi medis, atau dari gangguan psikologis lain. Episode tersebut tidak boleh mewakili suatu reaksi berduka yang normal terhadap kematian seseorang yang dicintai, yaitu berkabung (bereavement).

  1. Mood yang depresi, sedih dan tertekan hampir sepanjang hari, dan hampir setiap hari. Dapat berupa mood yang mudah tersinggung pada anak-anak atau remaja.
  2. Penurunan kesenangan atau minat secara drastis dalam semua atau hampir semua aktivitas, hamper setiap hari, hamper sepanjang hari.
  3. Suatu kehilangan atau pertambahan berat badan yang signifikan (5% lebih dari berat tubuh dalam sebulan), tanpa upaya apa pun untuk berdiet, atau suatu peningkatan atau penurunan dalam selera makan.
  4. Setiap hari (atau hampir setiap hari) mengalami insomnia atau hipersomnia (tidur berlebuhan).
  5. Agitasi yang berlebihan atau melambatnya respons gerakan hampir setiap hari.
  6. Perasaan lelah atau kehilangan energi hampir setiap hari.
  7. Perasaan tidak berharga atau salah tempat ataupun rasa bersalah yang berlebihan atu tidak tepat hampir tiap hari.
  8. Berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi atau berpikir jernih atau untuk membuat keputusan hampir setiap hari.
  9. Pikiran yang muncul berulang tentang kematian atau bunuh diri tanpa suatu rencana yang spesifik, atau munculnya suatu percobaan bunuh diri, atau rencana yang spesifik untuk melakukan bunuh diri.
Faktor-faktor Penyebab Depresi Mayor.
Faktor-faktor yang meningkatkan risiko seseorang untuk mengembangkan depresi mayor meliputi usia (onset awal lebih umum terjadi pada dewasa muda daripada dewasa yang lebih tua); status sosioekonomi (orang dengan taraf sosioekonomi yang lebih rendah memiliki risiko yang lebih besar dibanding mereka dengan taraf yang lebih baik); dan status pernikahan (orang yang berpisah atau bercerai memiliki risiko yang lebih tinggi daripada orang yang menikah atau tidakpernah menikah).
Wanita memiliki kecenderungan hampir dua kali lipat lebih besar daripada pria untuk mengalami depresi mayor. Meski perbedaan hormonal atau perbedaan biologis lainnya yang terkait dengan gender kemungkinan berpengaruh, namun sebuah diskusi panel yang diselenggarakan oleh American Psychological Association (APA) menyatakan bahwa perbedaan gender sebagian besar disebabkan oleh lebih banyaknya jumlah stress yang dihadapi wanita dalam kehidupan kontemporer. Diskusi panel tersebut menyimpulkan bahwa wanita lebih cenderung daripada pria untuk menghadapi faktor-faktor kehidupan yang penuh tekanan seperti penganiayaan fisik dans eksual, kemiskinan, orang tua tunggal, dan diskriminasi gender. Pria dan wanita dengan gangguan tersebut tidak berbeda secara signifikan dalam hal kecenderungan untuk kambuh kembali, frekuensi kambuh, keparahan/durasi kambuh, atu jarak waktu untuk kambuh yang pertama kalinya.
Perbedaan dalam gaya coping juga dapat membantu menjelaskan mengenai lebuh besarnya kerentanan wanita untuk terkena depresi. Respon coping seseorang dapat menambah atau mengurangi keparahan dan durasi dari episode depresi. Depresi mayor umumnya berkembang pada masa dewasa muda, dengan usia rata-rata onsetnya adalah pertengahan 20.  Penyembuhan Depresi Mayor.  
Penyembuhan depresi mayor dapat dibantu oleh ahli/pakar psikologi, yaitu psikolog. Psikolog akan membantu pasien memberikan solusi atau menangani berbagai permasalahan pasien yang tidak terselesaikan atau masalah yang terpendam dalam alam bawah sadar. Pasien akan diberikan beberapa konseling psikologi untuk pembukaan pikiran, konseling motivasi hidup dan konseling pemecahan masalah. Kemudian, pasien akan diberikan sesi terapi yang berupa psikoterapi dan hipnoterapi. Psikoterapi dan hipnoterapi adalah terapi utama untuk memberantas sisa-sisa mekanisme pertahanan diri yang tersimpan di alam bawah sadar yang belum terselesaikan. Psikolog akan membantu pasien untuk menyelesaikan semua permasalahan yang terletak di hati dan pikiran melalui terapi ini.   Psikoterapi adalah terapi psikologi penerapan untuk pasien dalam rangka pengubahan pola pikir, pembentukan tingkah laku dan kebiasaan dan pencerahan pemikiran (motivasi). sedangkan Hipnoterapi adalah terapi rileksasi yang diberikan kepada pasien untuk mensugesti alam bawah pasien yang negatif menjadi positif sehingga pasien lebih mampu menjalani kehidupan ini dengan tenang dan rileks.   "Accurate" Health Center Medan merupakan pusat pelayanan holistik yang melayani konsultasi psikologi, hipnoterapi dan akupunktur. Pelayanan holistik tersebut bertujuan untuk membantu pasien yang mengalami depresi major keluar dari zona ketidaknyamananya melalui berbagai terapi. Terapi akupunktur juga akan diberikan untuk melengkapi sesi terapi yang bertujuan untuk memperbaiki titik-titik depresi pasien sehingga pasien lebih tenang dan rileks. Beberapa kali sesi terapi yang diberikan oleh psikolog/hipnoterapis dari "Accurate" Health Center Medan akan membantu pasien sembuh dari kondisi sedih dan murung yang berkepanjangan.   Pengobatan "Accurate" Health Center merupakan pengobatan yang aman, alami dan tanpa efek samping. Rahasia Terjamin.

Hubungi "Accurate" Health Center untuk penangananya.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Tidak ada komentar: