HOME

Alamat Praktek

PENCARIAN TERAPI "ACCURATE" HEALTH CENTER

10 Oktober 2017

Hipnoterapi untuk Mengatasi Obsessive Compulsive Disorder

“Banyak orang yang tidak menyadari bahwa perilaku berulangnya dikategorikan sebagai OCD. Sebuah gangguan kecemasan yang bisa membuat banyak orang terjebak dalam waktu untuk meningkatkan kepercayaan terhadap sesuatu”

OCD atau obsessive Compulsive Disorder merupakan sebuah gangguan kecemasan yang aneh. Dikatakan aneh, karena gangguan kecemasan ini lain dari pada yang lain.
Gangguan kecemasan ini bahkan lebih merujuk pada gangguan kejiwaan. Seseorang dengan OCD akan melakukan sesuatu secara berulang-ulang dan tidak terkontrol. Seseorang dengan OCD bisa saja mencuci tangan sampai puluhan kali untuk meyakinkan dirinya bahwa tangan mereka benar-benar bersih dari kuman.

Gangguan OCD ini merupakan gangguan kecemasan yang menyebabkan seseorang terperangkap dalam siklus pikiran dan perilaku berulang. Orang dengan OCD akan terganggu oleh ketakutan, stres atau bayangan yang berulang (obsesif) yang tidak dapat mereka kendalikan. Kecemasan yang terjadi inilah yang menyebabkan munculnya tindakan tertentu (compulsif) untuk menghilangkan kecemasan.

Gangguan ini memang cenderung tidak berbahaya, namun seseorang dengan OCD bisa menyebabkan otak terjebak dalam suatu tekanan yang mengakibatkan sebuah tindakan yang menjadikan seseorang merasa kurang sempurna, kurang yakin, atau kurang berhasil dalam segala hal. Misalnya seseorang bisa memeriksa kompor puluhan kami untuk memastikan benar-benar dimatikan, atau bolak balik melihat pintu yang sudah dikunci.

Hal-hal semacam inilah yang bisa menyebabkan orang dengan OCD kehilangan banyak waktu untuk sekedar meyakinkan dirinya atas segala sesuatu yang telah dilakukan. Mungkin bagi orang lain, hal-hal berulang semacam ini, bisa membuat penderita OCD dianggap orang aneh atau gila.

Segera Kenali Tanda dan Gejala OCD

Tanda da gejala OCD dapat bervariasi dan berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Untuk itu kenali tanda dan gejala OCD. Tanda dan gejala yang sering ditunjukkan oleh penderita OCD antara lain sebagai berikut:
  • Memiliki ketakutan dan sensitifitas yang tinggi terhadap kuman sehingga mandi atau mencuci tangan pulah kali untuk memastikan tubuh benar-benar bersih dari kuman
  • Takut membuat kesalahan sehingga orang dengan OCD akan berulangkali memeriksa kompor atau pintu yang telah terkunci
  • Memiliki tingkat kerapian, keseimbangan atau ketepatan yang tinggi sehingga penderita OCD cenderung perfeksionis dalam hal penampilan (terlalu tertata rapi) dengan mengaturnya secara berulang-ulang
  • Memiliki keraguan yang berlebih dan kebutuhan untuk selalu dipercayai
  • Selalu berhitung atau menghitung apapun yang ada disekitarnya.
  • Mengulangi kata-kata, kalimat atau do’a tertentu.
  • Mengkonsumsi makanan dalam urutan tertentu
  • Terjebak dalam kata-kata, gambar atau pikiran yang biasanya sangat menganggu bahkan hingga menyebabkan gangguan tidur.
Apa Penyebab OCD? Mengapa Seseorang Bisa Menderita OCD?

Penyebab kecemasan yang berakibat pada perilaku berulang atau OCD sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun para ahli telah sepakat bahwa beberapa hal berikut ini bisa menjadi penyebab dari kecemasan dan mengakibatkan seseorang menderita OCD.
  • Ketidakseimbangan kimia otak
Hasil penelitian menunjukkan adanya ketidakseimbangan kimia yang terjadi pada otak, terutama rendahnya kadar neurotransmitter, yakni kadar serotonin dalam otak dapat memicu terjadinya OCD atau Obsessive Compulsive Disorder.
  • Genetika
Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ketidakseimbangan neurotransmitter yang menyebabkan OCD ini dapat diwariskan pada keturunannya, sehingga orang dengan OCD beresiko menurunkan OCD ini pada keturunannya.
  • Traumatik
Traumatik yang mendalam akibat peristiwa tertentu seperti kebakaran, pencurian atau kematian orang yang dicintai juga bisa menyebabkan seseorang mengalami OCD Obsessive Compulsive Disorder.
  • Kondisi kehidupan yang berubah
Kondisi kehidupan yang berubah seperti tingkat keamanan atau kepercayaan yang rendah juga bisa menyebabkan seseorang terjebak dalam kondisi OCD atau Obsessive Compulsive Disorder ini.
  • Penyakit
Munculnya penyakit tertentu juga bisa memicu munculnya kecemasan atau ketidakpercayaan pada diri sehindiri yang akhirnya justru menyebabkan munculnya OCD atau Obsessive Compulsive Disorder.

Terapi adalah Solusi Bagi Penderita OCD

Pengulangan yang dilakukan oleh penderita OCD meskipun tidak dikategorikan sebagai sesuatu yang berbahaya, namun bisa mengganggu aktivitas maupun menyebabkan seseorang kehilangan banyak waktu hanya untuk meyakinkan dirinya atas apa yang telah dilakukannya. Lalu apa yang harus dilakukan? Tentu menghilangkannya bukan?

Karena OCD bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gangguan tepatnya gangguan kecemasan. Untuk menghilangkannya tentu bukanlah dengan mengkonsumsi obat-obatan medis, melainkan dengan menghilangkan asal penyebabnya, yakni psikologis yang bermasalah. Jadi yang Anda butuhkan disini adalah kemampuan diri Anda untuk menghilangkan perilaku berulang yang tidak dapat Anda kontrol.
Inilah solusi yang Anda butuhkan Hipnoterapi. 

 Accurate Health Center Medan merupakan salah satu solusi terapi untuk anda sebab merupakan sebuah rangkaian terapi holistik  yang menyediakan konsultasi psikologi, terapi psikologi, hipnoterapi, akupunktur yang dapat  membantu anda dalam rangka memberikan sebuah sesi terapi penyembuhan bagi anda yang mempunyai masalah Obsesif Kompulsif.


 
Pengobatan "Accurate" Health Center merupakan pengobatan yang aman, alami dan tanpa efek samping. Rahasia Terjamin.

Hubungi "Accurate" Health Center untuk penangananya.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Tidak ada komentar: